Senin, 14 Februari 2011

Manajemen Data - Materi Pertama

DATA,INFORMASI dan MANAJEMEN

DATA yaitu Fakta atau bagian dari fakta yang mengandung arti, yang dihubungkan dengan kenyataan, simbol-simbol.

Informasi
yaitu Data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan.

Manajemen
adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

Pengertian dan Tujuan Manajemen Data

a.Manajemen Data adalah bagian dari manajemen sumber daya informasi yang mencakup semua kegiatan yang memastikan bahwa data: Data Akurat, Up to Date (Mutakhir), Aman dan Tersedia bagi pemakai (user)

b.Manajemen data adalah bidang studi yang luas, tetapi pada dasarnya adalah proses pengelolaan data sebagai sumber daya yang berharga bagi suatu organisasi atau bisnis.

Kegiatan Manajemen Data
Kegiatan manajemen data mencakup :
• Pengumpulan Data
• Integritas dan Pengujian
• Penyimpanan
• Pemeliharaan
• Keamanan
• Organisasi
• Pengambilan


Pengumpulan Data

Data yang diperlukan dikumpulkan dan dicatat dalam suatu formulir yang disebut dokumen sumber yang berfungsi sebagai input bagi system.
Integritas dan Pengujian
Data tersebut diperiksa untuk meyakinkan konsistensi dan akurasinya berdasarkan suatu peraturan dan kendala yang telah ditentukan sebelumnya.
Penyimpanan
Data disimpan pada suatu medium, seperti pita magnetic atau piringan magnetic.
Pemeliharaan
Data baru ditambahkan, data yang ada diubah, dan data yang tidak lagi diperlukan dihapus agar sumberdaya data (berkas) tetap mutakhir.
Keamanan
Data dijaga untuk mencegah penghancuran, kerusakan atau penyalahgunaan.
Organisasi
Data disusun sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan informasi pemakai.
Pengambilan
Data tersedia bagi pemakai.

Topik Manajemen Data
Ada banyak topik dalam manajemen data, beberapa topik yang lebih populer termasuk , model data, pergudangan, pergerakan data, database dan data mining

Permodelan Data

Pemodelan Data terlebih dahulu menciptakan sebuah struktur untuk data yang mengumpulkan dan menggunakan dan kemudian mengorganisasi data ini dalam cara yang mudah diakses dan efisien untuk menyimpan dan menarik data untuk laporan dan analisa.

Data Warehouse
Data pergudangan penyimpanan data secara efektif sehingga dapat diakses dan digunakan secara efisien. Organisasi yang berbeda mengumpulkan berbagai jenis data, namun banyak organisasi menggunakan data mereka dengan cara yang sama, untuk membuat laporan dan menganalisa data untuk membuat keputusan bisnis yang berkualitas. Data pergudangan biasanya sebuah repositori data organisasi luas, namun untuk perusahaan-perusahaan yang sangat besar dalam dapat mencakup hanya satu kantor atau satu departemen.

Gerakan Data
Data gerakan adalah kemampuan untuk memindahkan data dari satu tempat ke tempat lain . Misalnya, data harus dipindahkan dari tempat itu dikumpulkan ke database dan kemudian ke pengguna akhir, tapi proses ini memakan waktu cukup sedikit wawasan logistik.Tidak hanya melakukan semua perangkat keras, aplikasi dan data yang dikumpulkan harus kompatibel dengan satu sama lain, mereka juga harus dapat diklasifikasikan, disimpan dan diakses dengan mudah dalam sebuah organisasi. Pindah data dapat sangat mahal dan dapat memerlukan banyak sumber daya untuk memastikan bahwa data dipindahkan efisien, bahwa data yang aman dalam transit dan bahwa setelah mencapai pengguna akhir dapat digunakan secara efektif baik untuk dicetak sebagai laporan, disimpan pada komputer.

Data Mining
Data Mining memang salah satu cabang ilmu komputer yang relatif baru. Dan sampai sekarang orang masih memperdebatkan untuk menempatkan data mining di bidang ilmu mana, karena data mining menyangkut database, kecerdasan buatan (artificial intelligence), statistik, dsb. Ada pihak yang berpendapat bahwa data mining tidak lebih dari machine learning atau analisa statistik yang berjalan di atas database. Namun pihak lain berpendapat bahwa database berperanan penting di data mining karena data mining mengakses data yang ukurannya besar (bisa sampai terabyte) dan disini terlihat peran penting database terutama dalam optimisasi query-nya.

Penggunaan Database dalam manajem Data
a. Database adalah suatu koleksi computer yang terintegrasi, diorganisasikan dan disimpan dalam suatu cara yang memudahkan pengambilan kembali. Integrasi logis dari catatan – catatan dalam banyak file ini disebut konsep database.
b. Dua tujuan utama dari konsep database adalah meminimumkan pengulangan dan mencapai independensi data. Independensi data adalah kemampuan untuk membuat perubahan dalam struktur data tanpa membuat perubahan pada program yang memproses data.

Konsep Database
Pengertian Database

Database adalah sekumpulan data yang saling berhubungan atau berelasi mempresentasikan suatu organisasi dan tersimpan dalam media penyimpanan eksternal.

Tujuan utama dari data base adalah:
a. Menghindari pengulangan data (redudansi)
b. Mencapai indepedensi data (kemampuan untuk membuat perubahan dalam stuktur data tanpa membuat perubahan pada program yang memproses data. Indepedensi data dicapai dengan menempatkan spesifikasi dalam table dan kamus yang terpisah secara fisik dari program.

Perangkat Lunak Database
a. Perangkat lunak yang menetapkan dan memelihara integritas logis antar file, baik eksplisit maupun implisit disebut system manajemen database (DBMS).
b. Inovasi DBMS menampilkan perangkat lunak relasional dan sejumlah paket awal ditujukan bagi pemakai mainframe.
c. SQL / DS (Structure Query Language / Data Systems) dan QBE(Quey by Example) dari IBM dan ORACLE dari Relational Software Inc.

Menciptakan Database
Proses menciptakan database mencakup tiga langkah utama, yaitu:
a. Menentukan Kebutuhan Data
Pada langkah ini dilakukan pendefinisian masalah, pemecahan masalah dan pemrosesan untuk menetapkan data.
b. Menjelaskan Data
Setelah elemen-elemen data yang diperlukan ditentukan, mereka dijelaskan dalam bentuk kamus data. Kamus data adalah suatu ensiklopedi dari informasi mengenai tiap elemen data. System kamus data dapat berupa kertas dan file computer. Jika berupa file, perangkat lunak khusus diperlukan untuk menciptakan dan memeliharanya serta mempersiapkannya untuk digunakan. Perangkat lunak tersebut disebut system kamus data.
c. Memasukan data
Setelah skema dan sub skema diciptakan, data dapat dimasukkan kedalam database. Hal ini dapat dilaksanakan dengan mengetik data langsung kedalam DBMS, membaca data dari pita atau piringan atau me-scan data secara optis. Data siap digunakan setelah berada dalam database.

Menggunakan Database
Pemakaian database dapat berupa orang / program aplikasi.
a. Orang biasanya menggunakan database dari terminal dan mengambil data dan informasi dengan menggunakan query language. Query adalah permintaan informasi dari database dan query language adalah bahasa khusus yang user friendly yang memungkinkan computer dapat menjawab query.
b. Program aplikasi menggunakan / mengambil database atau menyimpan data kedalamnya, data manipulation language (DML) khusus digunakan. Pernyataan-pernyataan DML ditanamkan dalam program aplikasi di titik-titik yang perlu.

Perangkat Lunak Database
Pemakaian database dapat berupa orang / program aplikasi.
a. Orang biasanya menggunakan database dari terminal dan mengambil data dan informasi dengan menggunakan query language. Query adalah permintaan informasi dari database dan query language adalah bahasa khusus yang user friendly yang memungkinkan computer dapat menjawab query.
b. Program aplikasi menggunakan / mengambil database atau menyimpan data kedalamnya, data manipulation language (DML) khusus digunakan. Pernyataan-pernyataan DML ditanamkan dalam program aplikasi di titik-titik yang perlu.


JENJANG DATA
Characters : merupakan bagian data yang terkecil, dapat berupa karakter numerik,huruf ataupun karakter-karakter khusus (special characters) yang membentuk suatu item data / field.

Field : merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya.
Kumpulan dari field membentuk suatu record. field name: harus
diberi nama untuk membedakan field yang satu dengan
lainnya field representation: tipe field (karakter, teks,
tanggal, angka, dsb), lebar field (ruang maksimum yang dapat
diisi dengan karakter-karakter data).Field value: isi dari field
untuk masing-masing record.

Record : Kumpulan dari field membentuk suatu record. Record
menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari
record membentuk suatu file. Misalnya file personalia, tiap-tiap
record dapat mewakili data tiap-tiap karyawan.

File : File terdiri dari record-record yang menggambarkan satu kesatuan
data yang sejenis. Misalnya file mata pelajaran berisi data tentang
semua mata pelajaran yang ada.

Thanks To Vilia Eka Meyana,M.Kom Selaku Pemberi Materi Manajemen Data

0 komentar:

Posting Komentar